Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir

268 views

Kehadiran buah hati tak bisa dipungkiri memberikan banyak pengaruh bagi kehidupan rumah tangga. Selain lebih harmonis, rengekan si kecil adalah penawar rasa lelah yang kerap mendera setelah seharian penuh berkutat dengan rutinitas pekerjaan. Tak heran jika pasangan muda yang dikaruniai anak selepas pernikahan rela mengorbankan waktunya untuk merawa malaikat kecil yang kehadirannya telah mereka nantikan sejak jauh-jauh hari.

tips-merawat-bayi-yang-baru-lahir

Sayangnya, tidak semua orang menerapkan langkah yang benar dalam hal ini. Padahal, metode yang tidak akurat dapat mengakibatkan kesalahan fatal untuk jangka panjang. Maka dari itu, menggali informasi sebanyak mungkin berkaitan dengan tatacara memperlakukan bayi yang baru lahir baik Anda canangkan sejak dini.

Mengasuh bayi identik dengan persepsi kelelahan lantaran Anda dan pasangan harus bolak-balik mengambil popok, menyusui, memandikan, dan menimangnya saat ia menangis. Kondisi ini tak jarang menimbulkan tekanan, terutama jika bayi tersebut adalah anak pertama. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda aplikasikan pada bayi yang baru lahir.

  1. Menjaga kondisi fisik

Hindari mengkonsumsi kafein, makanan cepat saji, atau minuman berenergi yang selama ini dipercaya dapat mengurangi kantuk dan lesu. Hal ini justru akan mempengaruhi kualitas ASI yang akan Anda berikan kepada bayi. Tetaplah menyantap makanan empat sehat lima sempurna, penuhi takaran air putih 8 gelas perhari, dan istirahat yang cukup.

  1. Tunda pekerjaan rumah

Jangan terlalu memaksakan diri untuk membersihkan rumah, mencuci baju, atau kegiatan lain yang berpotensi membuat Anda kelelahan sebelum mengurus bayi yang baru lahir.

Anda dianjurkan untuk menghemat energi dengan membatasi rutinitas sehari-hari. Misalnya saja sebelum ada si kecil Anda terbiasa menyiapkan masakan yang sempurna, maka semenjak Anda mempunyai tanggungan untuk mengurusi bayi yang baru lahir biasakan menyajikan menu yang sederhana, tentu tanpa mengesampingkan nilai gizinya.

  1. Jaga kebersihan dan keamanan bayi

Cuci tangan Anda sebelum memegang atau menggendong bayi yang baru lahir. Pastikan tangan Anda higienis saat bersentuhan dengan si kecil. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah datangnya kuman atau virus yang menempel di tangan Anda

  1. Memandikan bayi

Bayi yang baru lahir setidaknya membutuhkan mandi dua kali seminggu. Sebelum tali pusat copot, dianjurkan untuk memandikan bayi dengan memakai spons. Mandikan mereka dengan sabun dan shampoo yang diformulasikan khusus untuk kulit mereka. Peralatan lain yang wajib Anda miliki antara lain kain waslap, handuk lembut, dan bak mandi bayi.

Selain langkah-langkah di atas, ibu juga diharuskan untuk mengganti popok seusai bayi buang kotoran dan menyuplai ASI 8-15 kali dalam sehari.

Semoga bermanfaat.

Leave a reply "Tips Merawat Bayi Yang Baru Lahir"