Tips Memilih Jenis Minyak Zaitun Sesuai Kebutuhan

1101 views

memilih minyak zaitunMinyak zaitun telah lama digunakan karena citarasanya yang khas. Bukan hanya itu saja, manfaat minyak dari buah yang awalnya berasal dari Mediterania ini memiliki sederet manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini karena banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Manfaat minyak zaitun dalam bidang kesehatan misalnya dapat mencegah penyakit jantung. Sedangkan manfaatnya untuk kecantikan telah dijelaskan dalam uraian  Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan seperti dapat melembutkan kulit, menyingkirkan sel kulit mati dan merawat rambut rusak.

Ada banyak minyak zaitun yang dijual di pasaran. Lalu bagaimana cara memilih minyak zaitun sesuai kebutuhan kita?

Jenis-jenis minyak zaitun

Agar penggunannya sesuai kebutuhan, inilah jenis-jenis minyak zaitun yang harus Anda ketahui:

1. Extra Virgin Olive Oil

Extra virgin olive oil atau disebut EVOO merupakan jenis minyak zaitun yang berasal dari pengolahan tingkat pertama. EVOO memiliki rasa yang unggul karena tidak melalui proses penyulingan, minyak zaitun jenis ini juga mengandung tidak lebih dari 0,8% keasaman. Minyak zaitun jenis EVOO baik untuk campuran salad.

2. Virgin Olive Oil

Bisa dilihat dari namanya, minyak zaitun jenis ini sama sekali belum mengalami proses penyulingan. Namun VOO memiliki kandungan keasaman yang cukup tinggi yaitu antara 1 sampai 4 pewrsen dibanding EVOO. Oleh karena itu minyak zaitun jenis VOO rasanya tidak sekuat EVOO.

3. Olive Oil (Minyak Zaitun)

Jenis minyak zaitun ini adalah yang paling banyak ditemukan di pasaran. Biasanya virgin oil dicampur dengan minyak zaitun kualitas yang lebih rendah untuk menyempurnakan citarasanya. Minyak ini sangat cocok digunakan untuk memasak.

4. Olive Pomace Oil

Minyak zaitun jenis OPO merupakan jenis minyak zaitun yang paling ringan yang terbuat dari residu yang tersisa setelah minyak ditekan. Dari segi harga, minyak zaitun ini juga tergolong murah karena memiliki kualitas yang rendah. Umumnya, minyak zaitun jenis OPO digunakan sebagai pembersih dan bukan untuk dikonsumsi atau dicampurkan pada makanan.

Jika Anda ingin memilih minyak zaitun, pilihlah kemasan dalam botol gelap karena kualitasnya akan terjaga. Dari berbagai jenis minyak zaitun tersebut, Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan untuk digunakan.

Tags: #jenis minyak zaitun #manfaat minyak zaitun #memilih minyak zaitun

Leave a reply "Tips Memilih Jenis Minyak Zaitun Sesuai Kebutuhan"