Tips Biar Tidak Ngantuk Setelah Makan Sahur

5537 views

makan sahurSelama menjalankan puasa di bulan Ramadhan, sahur merupakan aktifitas yang tak boleh terlewatkan. Makan sahur bisa menjadi bekal energi agar kita mampu melakukan kegiatan di siang hari selama berpuasa. Dengan makan sahur, maka tubuh kita akan semakin kuat selama menjalani puasa.

Karena aktifitas makan sahur dilakukan pada pagi buta, maka banyak dari kita yang masih merasa mengantuk ketika bangun. Oleh karena itu banyak orang yang ketiduran setelah selesai makan sahur. Tidur setelah sahur bukanlah hal yang baik, sebab perut yang masih penuh setelah menyantap makanan bisa bermasalah jika langsung dibawa tidur.

Di bawah ini merupakan tips yang bisa dicoba untuk menghindari ketiduran setelah makan sahur.

  • Jangan terlambat tidur

Maksud jangan telat tidur di sini yaitu ketika kita tidur pada malam hari. Jadi untuk menghindari ketiduran setelah sahur sebaiknya hindari begadang. Atur jam tidur Anda selama bulan puasa. Tidur lebih cepat pada malam harinya akan membuat Anda lebih segar ketika bangun untuk makan sahur. Jangan sampai kita tidak makan sahur hanya karena masih ngantuk ketika saatnya bangun.

  • Gunakan baju hangat

Biasanya suasana sahur udara masih terasa dingin. Akibatnya jika tubuh tidak kuat menahan suhu udara yang dingin itu, maka kita merasa ingin ke ranjang kembali setelah sahur. Terkadang kita bisa saja ketiduran karena masih ngantuk apalagi ditambah suasana udara yang masih begitu dingin. Oleh karena itu, gunakanlah baju hangat untuk menghindari suhu dingin.

  • Cuci muka sebelum sahur

Cuci muka merupakan hal wajib yang harus dilakukan setelah bangun tidur. Namun karena malas dan masih ngantuk, terkadang orang mengabaikan untuk cuci muka. Selain jorok, hal ini juga bisa membuat rasa ngantuk tidak hilang.

  • Jangan makan terlalu kenyang

Makan sahur memang bertujuan untuk bekal energi saat puasa. Kadang orang berpikir jika makan lebih banyak saat sahur maka bisa bertahan lebih kuat saat berpuasa. Akan tetapi, makan terlalu banyak sebenarnya bukan hal yang baik. Sebab ketika kita merasa kekenyangan, maka rasa ngantuk malah semakin menjadi. Makanlah secukupnya dan jangan sampai kekenyangan untuk mencegah ngantuk setelah sahur.

  • Lakukan kegiatan setelah sahur

Apa kegiatan yang bisa kita lakukan setelah sahur? Agar tidak ketiduran setelah makan sahur, isilah waktu dengan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya membereskan sisa makanan, membersihkan meja makan atau merapikan dapur yang baru dipake masak. Bisa juga diisi dengan mengaji dan dilanjutkan Shalat wajib setelahnya.

Tips di atas harus Anda praktekkan agar rasa ngantuk tidak datang setelah makan sahur. Sebab, tidur setelah sahur itu tidak baik dan berbahaya. Mengenai apa bahayanya, silakan simak pada Bahaya Akibat Tidur Setelah Makan Sahur.

Tags: #agar lebih semangat saat sahur #cara mencegah ngantuk

  1. author

    Hidup sehat3 tahun ago

    Bisa di terapin besok pagi, tapi kebayakan dan ini fakta, banyak orang akan tidur setelah makan sahur, sayapun sering.

    Reply
  2. author

    sopyan nc3 tahun ago

    kalo saya jarang tidur setelah sahur coz biasanya ngopi dulu :d

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      ingat Sob, acara ngopinya jangan sampe Subuh

      Reply
  3. author

    ihang3 tahun ago

    susah kalo udara nya lg dingin…

    Reply

Leave a reply "Tips Biar Tidak Ngantuk Setelah Makan Sahur"