Pola Makan Buruk Sebagai Salah Satu Penyebab Utama Kematian

517 views

Mungkin pernyataan diatas akan mengernyitkan dahi Anda sambil bertanya didalam hati “Lho, Kok’ bisa ya?” Tapi memang begitulah kenyataan yang terjadi didunia kesehatan, bahkan pola makan bisa disebut sebagai variable utama yang mempengaruhi tingkat kesehatan dan kebugaran tubuh. Pola makan yang baik tentunya harus mengandung unsur-unsur yang seimbang seperti yang tertera pada pola makan 4 Sehat 5 Sempurna. Daging / telur agar asupan protein dalam tubuh terpenuhi, nasi/gandum agar asupan karbohidrat terpenuhi, Sayuran / buah-buahan untuk kebutuhan vitamin dan mineral, dan Susu untuk kebutuhan kalsium.

Pola Makan Buruk Sebagai Salah Satu Penyebab Utama Kematian

Tentunya asupan gizi dari pola makan 4 sehat 5 sempurna ini harus dibarengi dengan olahraga yang cukup agar badan selalu prima dan dalam kondisi yang fit, lalu apa hubungannya pola makan yang buruk dengan kematian? Faktanya adalah, salah satu hal yang sering menjadi momok menakutkan dari pola  makan yang buruk adalah kadar kolestrol yang tinggi yang bisa menyebabkan penyakit-penyakit kronis dan mematikan tumbuh di dalam tubuh, sebut saja penyakit-penyakit seperti lumpuh/stroke ataupun jantung koroner yang menjadi penyebab kematian paling tinggi di Indonesia dengan persentase sebanyak 29%.

Perlu diketahui,  bahwa sebenarnya kolestrol diperlukan oleh tubuh, dikarenakan fungsi kolestrol yang sebenarnya adalah sebagai zat pembuat hormon dan zat untuk memperbaiki sel yang rusak, akan tetapi bila kandungan kolestrol tinggi maka akan berakibat buruk dan fatal. Kolesterol tinggi ini biasanya terjadi karena asupan makanan tertentu yang terlalu berlebihan. Selain itu, dengan asupan makanan tersebut, biasanya tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup dan juga asupan air mineral sesuai anjuran.

Tentu saja selain faktor pola makan yang buruk, faktor genetik pun menjadi salah satu sebab-musabab timbulnya penyakit kolesterol tinggi, dan tidak ada perbedaan signifikan antara kondisi kolestrol tinggi akibat keturunan dengan penyakit yang didapati dari pola makan yang tidak sehat. Tetapi, pola makan menjadi  salah satu faktor kunci dan ini mungkin menjadi acuan mengapa kita harus mulai membiasakan diri untuk memakan makanan sehat. Perlu diketahui bahwa beberapa jenis makanan memiliki kandungan lemak jenuh yang berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan dan simultan oleh tubuh kita, sebut saja minyak kelapa. Minyak kelapa mempunyai kandungan lemak jenuh bahkan pada saat pertama kali pemakaiannya (apalagi bila minyak itu dipergunakan berulang-ulang), dan minyak kelapa inilah yang menyebabkan kadar kolesterol di dalam tubuh meningkat,  jadi apabila Anda adalah penggemar berat makanan yang digoreng, ada baiknya mulai dari sekarang untuk lebih memperhatikan berapa banyak yang Anda konsumsi setiap hari dan hindari untuk membeli dari pedagang gorengan yang memakai minyak kelapa yang sudah digunakan beberapa kali. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk membatasi diri Anda dari mengkonsumsi gorengan dan juga makanan yang mengandung minyak kelapa.

Selain dari pada makanan yang digoreng, ada beberapa makanan yang menjadi pantangan kolesterol dan harus dihindari demi menjamin pola makan sehat Anda terjaga. Bagaimana dengan Soto Babat? Faktanya ternyata santan juga berpengaruh besar dalam meningkatkan kadar kolesterol seseorang. Lalu bila Anda penggemar berat jeroan, mulailah untuk mengurangi konsumsi makanan jenis ini, karena ternyata, kandungan lemak jenuh yang terdapat pada jeroan bisa menyebabkan kolesterol tinggi pula. Mungkin bagi Anda yang sudah terlanjur menyukai makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas akan merasa sangat susah meninggalkannya, tetapi alangkah baiknya bila dari sekarang Anda mulai mengurangi dan mengontrol seberapa banyak kolestrol yang berada di dalam tubuh Anda, karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Dalam hal ini, bukan berarti Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, namun Anda harus membatasi asupan makanan tersebut. Selain itu, segera lah periksakan diri Anda ke dokter terdekat apabila Anda sering mengalami kesemutan, sakit dan pegal dibagian tengkuk dan persendian, dan selalu merasa mudah lelah dan capek, karena itulah tanda-tanda Anda mempunyai tingkat kolestrol yang tinggi. Sekali lagi, alangkah lebih baiknya bagi kita untuk mencegah sebisa mungkin sebelum penyakit-penyakit tersebut datang ke tubuh kita.

Leave a reply "Pola Makan Buruk Sebagai Salah Satu Penyebab Utama Kematian"