Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini

426 views

Mengamati perkembangan dan pertumbuhan anak saat usia dini memang menjadi hal yang wajib dilakukan oleh orang tua. Sebab, dengan mengamati bagaimana tingkat pertumbuhan serta perkembangan anak, orang tua dapat memahami apa yang bisa dikembangkan dari anaknya.

Selain itu, pertumbuhan dan perkembangan anak pada masa emas mereka ini adalah momen penting yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Secara umum apa saja sih pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini? Berikut ini beberapa diantaranya.pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-usia-dini

  • Pertumbuhan

Pertumbuhan sendiri merupakan tingkatan atau perubahan yang dapat diukur sehingga biasanya pertumbuhan dapat dilihat secara fisik. Nah apa saja yang termasuk dalam pertumbuhan anak? Berikut contohnya.

  1. Pertambahan berat badan pada anak yang dari hari ke hari, minggu ke minggu serta bulan ke bulan akan terus bertambah. Dan pada balita di bawah 2 tahun biasanya pertambahan berat badan akan meningkat secara signifikan.
  2. Tinggi badan juga merupakan pertumbuhan anak usia dini yang akan berpengaruh pada masa dewasanya nanti. Sebab ketika pertumbuhan tinggi badan saat masa kanak-kanak baik, maka pertumbuhan tulang pada saat remaja maupun dewasa akan baik pula.
  3. Pertumbuhan pada beberapa organ tubuh. Pada dasarnya, pertumbuhan pada beberapa organ tubuh ini saling berkesinambungan dengan pertambahan berat badan. Dimana ketika anak memiliki berat badan yang bertambah, maka otomatis organ-organ dalam tubuhnya pun akan tumbuh menjadi lebih besar.
  • Perkembangan

Sedangkan perkembangan sendiri adalah suatu perubahan pada diri seseorang yang tak dapat diukur.Sehingga perkembangan tak bisa dilihat secara fisik dan biasanya bersangkutan dengan mental anak.

Berikut ini perkembangan pada usia dini yang akan dialami anak-anak pada umumnya.

  1. Pemahaman

Saat memasuki usia 2-5 tahun, anak sedang menjajaki masa keemasan dalam hidupnya. Dimana tingkat pemahaman anak sangat baik.Sehingga jangan sampai salah memberikan ilmu pada masa-masa ini.

Sebab ilmu yang anda berikan pada masa emas ini bisa diingat sampai anak tumbuh dewasa nanti.

  1. emosi

Meskipun belum bisa mengendalikan emosi layaknya orang dewasa, namun anak-anak juga akan mengalami perkembangan emosi yang membuatnya menjadi pribadi yang lebih tegar.

Sebagai contoh, seorang anak akan lebih jarang menangis saat usia 5 tahun dibanding dengan ketika dia masih berusia 2 tahun. Hal ini membuktikan pertumbuhan mental anak terjadi secara alami.

  1. Percaya diri

Perlunya pembentukan rasa percaya diri perlu dilakukan sejak anak-anak masih dalam masa balita.Sebab ketika anak tak memiliki rasa percaya diri tinggi maka kemungkinan besar dirinya sulit untuk menjalani hidup bermasyarakat nantinya.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini, berikan makanan bergizi tinggi, dan jadilah orang tua yang memahami kebutuhan anak serta bisa memberi banyak wawasan pada anak.

Leave a reply "Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini"