Manfaat Pijat Bayi dan Cara Melakukannya

5056 views

Manfaat pijat bayi ternyata sangat luar biasa, apalagi jika dilakukan sendiri oleh orang tua si anak. Bukan hanya untuk sang bayi, manfaat pijat ini juga bisa terasa bagi Ayah atau Ibu yang memijatnya. Bukan hanya membuat bayi lebih rileks, pijat bayi juga dapat membantu peningkatan berat badan, memperbaiki pencernaan dan melancarkan sirkulasi darah bayi.

Mungkin bagi beberapa orangtua, pijat bayi masih terdengar asing. Namun jka tahu manfaatnya, maka akan lebih menyukainya karena bisa menjadi jalan komunikasi dengan sang bayi melalui fisik maupun batin. Lalu apa saja manfaat pijat bayi tersebut? Berikut ulasannya bersama Alami Ilmiah.

Manfaat pijat bayi bagi orang tua dan anakmanfaat pijat bayi

  • Pernyataan kasih sayang

Ketika bayi merasakan pijatan dari tangan Bunda, ia akan merasakan kelembutan tangan dan cinta kasihnya. Kasih sayang merupakan hal terpenting untuk pertumbuhan dan perkembangan bagi bayi. Tanpa kasih sayang, anak tidak bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya. Jadi dengan melakukan pijat bayi sendiri, Bunda juga memberikan sentuhan kasih sayang sebagai media komunikasi yang baik.

  • Menjadikan bayi lebih sehat

Bayi yang dipijat juga akan lebih lancar peredaran darah, pernapasan dan pencernaannya. Oleh karena itu manfaat pijat bayi sangat baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan sistem imun pada sang bayi.

  • Membantu perkembangan  mental, fisik dan sosial

Sentuhan cinta Ibu pada bayinya membuat sang bayi merasakan kasih dan sayang dari orang tuanya. Dengan pijat bayi juga akan melatih si kecil menanggapi stimulasi dengan sentuhan lembut yang Anda berikan. Melakukan kontak mata dengan bayi saat melakukan pijatan juga akan melatih kemampuan sosialnya sejak kecil.

  • Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat pijat bayi lainnya yaitu dapat membuat tidurnya lebih berkualitas dan lebih mudah tidur. Hal ini karena bayi merasa rileks baik tubuh maupun perasaannya.

  • Membuat bayi tenang dan jarang nangis

Ketika dipijat bayi akan merasa tenang dan rileks sehingga membuat bayi semakin mudah terlelap. Bayi yang tenang dan jarang menangis tentu akan lebih ceria dan sanggup mempelajari hal baru.

  • Mengatasi sakit perut pada bayi

Kolik atau sakit perut pada bayi rawan terjadi karena gas yang terperangkap di dalam perut. Dengan melakukan pijat bayi, maka Anda membantu mengeluarkan gas tersebut sehingga bayi terhindar dari kolik atau sakit perut.

  • Baik untuk bayi prematur

Pijat bayi juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi yang terlahir prematur. Pijat bayi dapat merangsang syaraf utama yang disebut syaraf vagus sehingga membantu meningkatkan berat badannya. Syarat ini menghubungkan organ-organ penting dengan otak, termasuk pencernaan.

Cara memijat bayi

Sekarang Anda sudah tahu manfaat pijat bayi untuk Anda dan bayi Anda. Maka langkah selanjutnya adalah melakukan sendiri pijat bayi. Jika Bunda belum pernah melakukannya, berikut adalah teknik memijat bayi yang benar.

Peregangan

Posisikan bayi dalam keadaan telentang. Pegang kedua lutut dan kaki bersama-sama dan tempelkan lutut pada perut bayi. Selain itu, pegang kedua kaki dan lutut dengan melakukan gerakan gerakan melingkar, ke kanan dan ke kiri, untuk membuat pinggulnya  lebih rileks. Gerakan ini dapat membuang gas dan menyembuhkan sakit perut pada bayi.

Memijat kaki bayi

Pegang kaki bayi keduanya dengan satu tangan. Tangan yang lain menepuk kaki bayi sepanjang tungkainya. Usap kakinya dari ujung jari hingga pinggul, lakukan turun nak hingga beberapa kali kemudian tarik jari-jari kakinya perlahan. Usap bagian bawah kakinya dari tumit sampai ke kaki menggunakan jempol. Pijat dengan pijatan-pijatan kecil melingkar di sekeliling pergelangan kakinya.

Memijat perut bayi

Cara memijat bayi pada bagian perutnya yaitu dengan menggunakan ujung jari tangan, lakukan pijatan-pijatan kecil dengan gerakan melingkar. Lakukan gerakan mengeruk di atas perut, mengarah dari atas ke bawah perut bayi Anda. Rasakan ada gelembung angin di dalam perut bayi, dorong dengan jari searah jarum jam.

Memijat lengan bayi

Pegang pergelangan tangan bayi dengan satu tangan, tepuk-tepuklah menggunakan tangan yang lain. Pijat naik turun dari pangkal sampai ujung lengan. Kemudian pikatlah telapak tangannya dengan lembut dan tarik setiap jari-jemarinya.

Memijat punggung bayi

Telungkupkan sang bayi di atas kedua kaki Anda. Gerakan kedua tangan Anda turun naik dari atas punggungnya sampai ke pantat. Lakukan gerakan memijat dengan membentuk lingkaran kecil pada tulang punggung bayi.

Memijat kepala dan wajah bayi

Angkat kepalanya dengan menggunakan kedua tangan. Usaplah kulit kepala dengan menggunakan ujung jari Anda. Lakukan gerakan menggosok pada daun telinga dan alis matanya. Lakukan pijatan pula pada kedua kelopak matanya yang tertutup, dan dari puncak tulang hidung hingga menyeberang ke kedua pipinya. Pijatlah dagu bayi dengan gerakan lingkaran-lingkaran kecil.

Hal yang terpenting dalam melakukan teknik pijat bayi yaitu melakukannya dengan lembut. Kulit dan tubuh bayi masih begitu sensitif, jika Anda melakukannya dengan gerakan yang keras mungkin bisa saja melukainya. Semoga ulasan manfaat pijat bayi dan cara memijat bayi ini bermanfaat bagi Anda.

Tags: #cara memijat bayi #manfaat pijat bayi

  1. author

    Tips Kesehatan dan Kecantikan3 tahun ago

    Terima kasih atas artikel kesehatannya, sangat bermanfaat bagi kami yang mencari informasi kesehatan.

    Reply
  2. author

    Tips Kesehatan dan Kecantikan2 tahun ago

    Sangat baik cara ini untuk dicoba, dengan penjelasan yang enak dibaca, terima kasih untuk penulis. 🙂 Terus sharing yang bermanfaat.

    Reply
  3. author

    Tips Kesehatan dan Kecantikan2 tahun ago

    Sangat bagus sekali cara penulisan artikelnya. Terus berkarya, berikan artikel lebih baik lagi. 😉

    Reply

Leave a reply "Manfaat Pijat Bayi dan Cara Melakukannya"