Cara Tepat Berolahraga Saat Puasa

3541 views

Meskipun menjalani puasa Ramadhan, bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan dan tidak melakukan olahraga yang biasa dijalani. Saat puasa, tubuh juga membutuhkan olahraga agar tetap segar dan bugar. Olahraga tetap harus dilakukan selama puasa, hanya saja harus sesuai aturan agar tidak mengganggu ibadah puasa itu sendiri.

Olahraga yang bisa dilakukan ketika puasa yaitu olahraga ringan yang bisa dilakukan pagi hari atau setelah waktu Shubuh. Contoh olahraga yang dapat dilakukan yaitu jalan-jalan pagi sekitar 30 menit, bersepeda selama 30 menit atau senam kecil yang dapat dilakukan selama 15 menit. Saat puasa sebaiknya hindari olahraga berat seperti lari karena akan mengeluarkan banyak keringan sehingga menyebabkan tubuh kehabisan cairan.olahraga untuk orang puasa

Olahraga untuk menyegarkan badan ketika menjalani puasa juga dapat dilakoni sore hari ketika menjelang waktu berbuka. Bisa jalan-jalan atau bersepeda sambil menunggu datangnya adzan Maghrib. Olahraga selama puasa tetap penting, hanya saja harus disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh. Oleh karenanya penting untuk memperhatikan waktu, durasi, dan jenis olahraga yang dijalani.

Meskipun sedang berpuasa, tubuh masih dapat menjalani olahraga karena cadangan lemak dalam tubuh masih mencukupi. Dan lemak inilah yang akan dibakar ketika berolahraga. Namun ada beberapahal yang harus diperhatikan agar olahraga dapat bermanfaat bagi tubuh secara optimal.

Berikut tips menjalani olahraga ketika puasa:

-Olahraga sebaiknya dilakukan 30 sebelum berbuka. Jika ingin melakukan olahraga pada malam hari, lakukanlah dua jam setelah berbuka.

-Pilihlah olahraga ringan seperti seperti jogging, treadmill, dan sepeda statis. Hindari latihan beban karena akan membuat tubuh cepat lelah. Latihan beban merupakan olahraga yang kurang tepat dijalankan ketika puasa.

-Jangan lakukan olahraga mendekati waktu tidur. Hal ini dimaksudkan agar tubuh memiliki waktu untuk istirahat.

-Sesuaikan dengan kondisi tubuh. Jika sudah terbiasa menjalani olahraga rutin, olahraga dapat dijalani duahari sekali ketika sedang puasa. Akan tetapi jika terbiasa menjalani olahraga, sebaiknya mulailah dengan perlahan-lahan dan jangan memaksakan diri.

-Cari tempat yang sejuk untuk berolahraga ketika sedang puasa. Jika olahraga dilakukan di tempat terbuka, lakukan di kawasan yang sejuk dan banyak pepohonan. Ini dimaksudkan agar keringat yang keluar tidak berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan cairan

Cukup mudah bukan melakukan olahraga meskipun sedang menjalani puasa Ramadhan? Semoga Anda tetap sehat dan dapat menjalani puasa dengan penuh!

Tags: #jenis olahraga saat puasa #tips menjalani olahraga ketika puasa

Leave a reply "Cara Tepat Berolahraga Saat Puasa"