Cara Penularan Penyakit Lupus pada Manusia

1280 views

Penyakit lupus atau yang dalam bahasa inggris di kenal dengan (SLE) systemic lupus Erythematosus adalah suatu penyakit reumatik yang disebabkan oleh sistem imun didalam tubuh mengalami kerusakan dan berdampak pada perusakan-perusakan pada jaringan pada tubuh. Menurut beberapa study penyakit SLE lebih sering menyerang kulit, jantung, ginjal, dan sendi. Selain itu kebanyakan pasien dari penyakit ini sebagian besar adalah wanita muda yang berusia 15 - 40 tahun. Tentu saja pria juga memiliki resiko terkena SLE hanya saja resikonya jauh lebih kecil dibanding wanita.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penularan penyakit lupus sangat beragam tetapi yang pasti penyakit ini muncul karena terjadi infeksi Epstein Barr Virus (EBV) serta bakteri Clebsiella dan Streptoccus. Secara umum ada beberapa hal yang memiliki andil cukup besar dalam penyebaran penyakit SLE antara lain sebagai berikut.
• paparan sinar matahari
• penggunaan obat-obatan
• kelainan hormon
• stress
• kelainan antibodi
• kelainan sel T dan sel B
• dan antigen

Menurut beberapa situs seperti insomniaku.co beberapa tahun terakhir ini gencar dilakukan berbagai penelitian dan study klinis tentang penyakit lupus salah satunya yang dilakukan oleh Tirza Gwendoline Matulessy pada tahun 2010 yang mendapat suatu hasil bahwa "faktor-faktor yang berkaitan dengan penderita SLE adalah aktivitas penyakit lupus, depresi dan lama menderita penyakit tersebut", menurut data dari journal kesehatan di amerika prevelansi SLE di amerika adalah 15 - 50 dari 100.000 populasi penduduk dan yang lebih mengkhawatirkanya lagi setiap tahun ditemukan 100.000 penyandang baru penyakit lupus di seluruh dunia.

Karena begitu mengerikanya penyakit ini yakni akan mengakibatkan fisik dan mental si pasien mengalami perubahan yang sangat drastis diantaranya diwajah terdapat ruam seperti kupu-kupu dan berwarna bercak-bercak merah yang jika dibiarkan akan semakin meluas dan bersisisik serta mengelupas. Sedangkan pengaruh mental bagi pasien yakni kepercayaan dirinya untuk sembuh akan menurun secara drastis dan enggan berkumpul dengan teman-temanya maka dari itu dukungan serta edukasi sangat diperlukan pada tahap ini agar penderitanya mendapatkan rasa dukungan dari orang sekitar terutama keluarga.

Dibeberapa negara maju sudah dilakukan yang namanya pemberian edukasi dan konseling sejak dini tentang penyakit ini mereka bertujuan agar menghindari dan menjauhkan generasi mudanya dari berbagai resiko penyakit, seperti yang kita tahu penyakit sekarang ini semakin mengerikan saja. Contohnya, flu babi, HIV-AIDS, ebola dan lainya. namun sepertinya diindonesia belum mulai menerapkan hal yang sama dengan negara maju. Harapan saya semoga indonesia semakin meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakatnya. Sekian artikel tentang cara penularan penyakit lupus pada manusia semoga ulasan ini bermanfaat.

Tags: #penyakit lupus

Leave a reply "Cara Penularan Penyakit Lupus pada Manusia"