Cara Mengobati Cacingan yang Alami, Efektif, dan Aman

1904 views

Cacingan merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh adanya parasit sejenis cacing yang berada di dalam tubuh sehingga akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan karena organ-organ yang terserang oleh cacing tersebut tidak dapat bekerja secara optimal. Cacingan dapat menyerang siapa saja baik dewasa  maupun anak-anak.

Besar kecilnya pengaruh keberadaan cacing di dalam tubuh sebenarnya tergantung dari jenis, usia, ukuran, serta organ bagian mana yang terserang. Cacing pita dan cacing tambang termasuk jenis cacing yang ganas sehingga akan menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih parah dibanding cacing jenis lain. Cacing yang bersarang di dalam usus akan menimbulkan diare dan sakit perut, namun apabila cacing tersebut bersarang di usus bagian atas dekat dengan organ hati atau lambung maka dapat menimbulkan batuk dan mual pada penderitanya.

Gejala Cacingancara mengobati cacingan

Untuk memastikan apakah kita atau anak-anak menderita cacingan atau tidak memang cenderung sulit sebab gejala-gejala yang dialami biasanya sangat mirip dengan beberapa penyakit lain yang bukan disebabkan oleh cacing. Namun sejumlah tanda atau gejala berikut ini mungkin dapat menjadi perhatian agar lebih waspada terhadap penyakit cacingan:

1. Badan terlihat lesu, lemah, dan tampak pucat atau anemia. Hal itu karena cacing yang berada dalam tubuh bersifat parasit dan menghisap darah yang berada di dalam pembuluh darah.

2. Badan kurus, perut buncit, dan kurang nafsu makan. Badan yang kurus dan nampak seperti kurang gizi disebabkan karena cacing mencuri nutrisi makanan yang seharusnya diserap oleh tubuh. Hal ini dilakukan oleh cacing jenis ascaris.

3. Rewel dan tidak nyaman. Hal ini biasanya terlihat pada bayi atau anak-anak yang menderita cacingan. Rasa tidak nyaman bisa jadi disebabkan oleh dubur yang terasa gatal akibat adanya cacing yang bersarang di sana. Rasa gatal di daerah dubur bisa juga menjadi salah satu gejala cacingan.

4. Batuk lama. Cacing yang sudah lama bersarang dalam tubuh juga dapat menginfeksi paru-paru sehingga akan mengganggu sistem pernapasan dan menimbulkan batuk yang berkepanjangan. Hal tersebut perlu diwaspadai karena sangat berbahaya.

5. Diare, atau pun susah buang air besar. Cacing yang telah menginfeksi usus akan merusak metabolisme pencernaan dan membuat ginjal, hati, empedu, serta lambung tidak dapat bekerja dengan baik.

6. Terdapat cacing dan telur cacing dalam kotoran atau muntahan. Biasanya dalam kotoran atau muntahan akan terdapat cacing dan telurnya yang ikut keluar. Namun jika tidak jeli memperhatikan atau belum terbiasa mengenali bentuk cacing dan telurnya maka cara ini akan sulit dilakukan.

Cara mengobati cacingan

Untuk mengobati cacingan, cara yang paling mudah dan praktis adalah dengan meminum obat cacing yang banyak dijual di pasaran. Tetapi akan lebih baik jika mengobati cacingan dengan cara alami, dan menggunakan bahan-bahan herbal karena akan lebih efektif dan aman tentunya, terutama untuk anak-anak. Obat cacing alami ini dapat dibuat menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah didapat.

Obat cacing alami yang bisa dibuat:

  • Wortel dan santan kental

Campurkan 1 cangkir air perasan wortel dengan 1 cangkir santan kental, lalu tambahkan sedikit garam, aduk rata. Ramuan ini sebaiknya diminum menjelang tidur dan dapat diminum oleh anak-anak maupun orang dewasa untuk memberantas cacing di dalam tubuh.

  • Kulit mangga

Di dalam kulit mangga mengandung zat antelmintik yang dapat mencegah cacingan terutama pada anak-anak dan juga dapat membunuh kuman, bakteri, serta larva cacing di dalam perut. Caranya adalah dengan merebus kulit mangga tersebut selama kurang lebih 15 menit, kemudian ambil air rebusan kulit mangga tadi untuk diminum.

  • Akar delima

Caranya adalah 7 gram akar delima yang telah dicuci bersih dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan segelas air matang selama 15 menit. Setelah itu ambil air rebusan tersebut dan minumlah sampai habis.

  • Biji jeruju

Cara membuatnya adalah dengan menumbuk 4-6 butir biji jeruju sampai halus, lalu seduh dengan setengah gelas air panas, tunggu sampai agak dingin kemudian minum sampai habis. Cara ini dapat dilakukan sehari sekali.

  • Krokot

Krokot yang masih segar dicuci bersih, kemudian rebuslah dengan air sebanyak 600 cc, tunggu hingga sampai tersisa setengahnya atau 300 cc. Minumlah air rebusan tadi selagi masih hangat. Selain itu, krokot yang telah direbus tadi juga harus ikut dimakan. Lakukan hal ini secara teratur 2 kali sehari.

  • Biji pepaya

Cara membuat ramuan ini adalah biji pepaya yang telah dikeringkan ditumbuk sampai halus, lalu diseduh dengan setengah gelas air matang. Tambahkan sedikit madu, lalu minum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur.

  • Daun pepaya untuk mengobati cacing kremi

Selain bijinya, daun pepaya juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit cacingan terutama untuk cacing kremi. Caranya adalah ambil 1 lembar daun pepaya dan 15 gram akar bunga melati, cuci sampai bersih semua bahan tersebut, kemudian rebuslah dengan 600 cc air, tunggu sampai hanya tersisa 300 cc. Minum ramuan ini secara teratur 2 kali sehari.

  • Bawang putih untuk mengobati cacing kremi

Cara membuatnya adalah 3 siung bawang putih, 30 gram akar pohon pepaya, dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air, tunggu hingga tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan ini selagi masih hangat 2 kali sehari.

  • Bangle

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan ini adalah: 25 gram bangle, 10 gram biji ketumbar, 25 gram temu hitam. dan 5 lembar daun sirih. Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan tersebut dengan 600 cc air, tunggu hingga tersisa 300 cc. Ramuan ini untuk diminum 2 kali dan minumlah selagi hangat.

  • Putri malu

Caranya adalah dengan merebus 15-30 gram tanaman putri malu dengan 3 gelas air, tunggu sampai hanya tersisa 1 gelas. Setelah dingin dan disaring, minum ramuan ini sebelum tidur. Tetapi harus diperhatikan, akar putri malu yang dikonsumsi dalam dosis tinggi dapat menimbulkan keracunan dan muntah-muntah. Selain itu, wanita yang sedang hamil dilarang meminum ramuan ini karena dapat menyebabkan keguguran pada janin yang sedang dikandungnya.

Mencegah Cacingan

Cara yang paling mudah untuk mencegah cacingan adalah dengan menjaga kebersihan, menghindari segala macam sumber yang memungkinkan cacing maupun telurnya menyebar, selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun antiseptik sebelum makan atau pun sesudah buang air besar maupun kecil, dan setelah memegang benda-benda kotor. Selalu menjaga kebersihan makanan dan tempat bermain, kuku-kuku yang panjang juga harus rajin dipotong pendek agar cacing dan telur-telurnya tidak bersarang di dalamnya. Sebisa mungkin juga hindari anak-anak untuk bermain dengan media tanah, karena kemungkinan terdapat cacing di media tanah tersebut lebih besar.

Semoga cara mengobati cacingan yang telah diuraikan di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Tetap jaga kesehatan dan konsumsi makanan sehat agar kita terhindar dari penyakit cacingan.

Tags: #cara mencegah cacingan #cara mengobati cacingan #penyebab cacingan

Leave a reply "Cara Mengobati Cacingan yang Alami, Efektif, dan Aman"