Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dengan Obat Tradisional

241 views

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan obat tradisional memang tidak seampuh menggunakan obat-obatan dokter. Akan tetapi bahan yang alami dinilai lebih aman dan tidak memiliki efek samping. Sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui jenis-jenis obat batuk tradisional. Padahal nenek moyang Indonesia mewariskan banyak sekali resep-resep ramuan obat tradisional yang bisa dibuat dari bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

cara-menghilangkan-batuk-berdahak-dengan-obat-tradisional

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak untuk Orang Dewasa

Apalagi mengonsumsi obat tradisional juga bisa digunakan sebagai pertolongan pertama. Pasalnya meskipun terkesan seperti penyakit ringan, batuk berdahak bisa jadi berbuntut panjang. Misalnya disebabkan karena virus atau bahkan merupakan gejala penyakit kronis seperti TBC dan sejenisnya. Berikut ini adalah beberapa ramuan obat batuk berdahak tradisional yang mudah dibuat.

  1. Teh Jahe

Ketika sedang mengalami batuk berdahak, tenggorokan pasti akan terasa sakit dan mengganjal. Napas pun jadi tidak lepas dan terasa sesak. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengonsumsi teh jahe. Efeknya cukup ampuh dan merupakan salah satu ramuan tradisional warisan nenek moyang di beberapa negara Asia. Cukup campurkan irisan jahe secukupnya ke dalam teh hangat. Lalu konsumsi dua kali sehari supaya batuk berdahak segera mereda.

  1. Daun Asam Muda

Cara menghilangkan batuk berdahak dengan cara tradisional lainnya adalah dengan mengonsumsi daun asam muda. Untuk membuat ramuannya, cukup sediakan bahan setengah genggam daun asam muda, daun saga manis, kayu manis, dan gula batu. Kemudian Anda rebus semua bahan tersebut dengan api kecil. Tunggu sampai air mendidih, lalu matikan api dan saring ramuannya. Minum air rebusan bahan-bahan tadi secara rutin sampai batuk berdahak sembuh.

  1. Bunga Mawar

Makan bunga mawar mungkin terdengar sangat tidak lazim. Namun ternyata bunga yang aromanya sangat khas ini memiliki khasiat untuk menghilangkan batuk berdahak. Cara menghilangkan batuk berdahak dengan bunga mawar cukup mudah. Pilih beberapa bunga mawar yang masih segar kurang lebih 10 gram. Kemudian tim dengan air dan tambahkan gula batu supaya rasanya manis. Konsumsi minuman kesehatan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Jeruk Nipis

Selain itu Anda juga bisa menggunakan ramuan jeruk nipis. Bahan yang dibutuhkan hanya perasan jeruk nipis, madu dan air matang secukupnya. Perbandingan antara jeruk nipis, madu dan air matang adalah 1:3:5 sendok makan. Lalu tim semua bahan tersebut selama kurang lebih 30 menit. Kemudian minum dengan takaran satu sendok teh sebanyak dua kali sehari. Untuk ramuan yang lebih mudah, Anda bisa mencampurkan jeruk nipis dengan kecap. Minum satu sendok teh campuran jeruk nipis dan kecap dua kali sehari.

  1. Air Putih Hangat

Batuk berdahak pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi saat sedang bekerja atau belajar. Apabila Anda sedang dalam kondisi terdesak dan tidak bisa menemukan bahan-bahan alami seperti yang tadi sudah disampaikan, minumlah segelas air putih hangat. Air hangat ini diketahui bisa melegakan tenggorokan dan melancarkan dahak keluar. Dengan demikian untuk sementara Anda bisa meredakan sakit tenggorokan Anda akibat batuk berdahak.

Itu dia penjelasan mengenai lima cara menghilangkan batuk berdahak dengan obat tradisional. Akan tetapi jika batuk berdahak Anda tak kunjung sembuh selama beberapa minggu, disarankan untuk segera periksa ke dokter. Barangkali saja batuk berdahak yang Anda alami merupakan gejala penyakit kronis. Semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dengan Obat Tradisional"