Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

7183 views

Pada dasarnya, bau mulut yang terjadi saat puasa merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, jika kita bisa mengatasinya dengan benar maka bau mulut yang terjadi juga dapat diminimalisir. Meskipun sedang berpuasa, kita bisa saja memiliki aroma nafas yang segar tanpa bau yang menyengat pada mulut. Tentu sangat nikmat bukan, jika kita bisa menjalani ibadah puasa tanpa bau mulut?

Penyebab bau mulut ketika puasa

  • Di dalam mulut kita ada banyak bakteri yang memproduksi gas sulfur yang berasal dari sisa makanan yang menempel pada mulut sehingga menyebabkan bau mulut.
  • Ketika tidak berpuasa mulut akan memproduksi saliva, tapi saat berpuasa produksi saliva di dalam mulut akan berkurang dan membuat bakteri penyebab bau mulut bisa berkembang sangat cepat.
  • Penyebab bau mulut saat puasa juga bisa terjadi dari dalam tubuh misalnya pada penderita diabetes dan maag.mengatasi bau mulut saat puasa

Cara mengatasi bau mulut saat puasa

  1. Cukupi asupan cairan tubuh dengan banyak mengonsumsi air putih ketika sahur maupun berbuka. Dengan banyak minum air putih, maka produksi saliva atau air liur juga akan menjadi lancar sehingga mulut lebih bersih dan terhindar dari bau mulut.
  2. Menggosok gigi dengan benar serta membersihkan lidah. Cara ini bertujuan untuk membersihkan sisa makanan di dalam mulut agar tidak membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap saat puasa.
  3. Minum teh hijau saat sahur dan berbuka. Teh hijau ampuh mengatasi bau mulut saat puasa karena mengandungzat polyphenol yang bermanfaat untuk menghilangkan bakteri yang ada pada mulut maupun saluran pernafasan.
  4. Jangan makan makanan lengket misalnya cokelat, es krim, biskuit dan kue basah lain. Makanan lengket seperti ini akan susah dibersihkan dan akan menempel lebih lama pada sela-sela gigi dan di area mulut dan memicu timbulnya bau pada mulut.
  5. Hindari makanan berbau tajam saat sahur dan berbuka. Makanan berbau menyengat misalnya petai, jengkol atau durian merupakan makanan penyebab bau mulut sehingga harus Anda hindari ketika puasa.
  6. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di antara gigi. Sisa makanan yang terselip di gigi akan membusuk dan menjadi penyebab bau mulut. Penggunaan benang gigi efektif untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.
  7. Jalani olahraga ringan meskipun sedang berpuasa. Olahraga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh termasuk zat yang menyebabkan bau mulut. Hindari tidur dalam jangka waktu yang terlalu lama karena akan memicu bau mulut yang tak sedap.

Cara mencegah dan mengatasi bau mulut saat puasa di atas dapat Anda coba . Namun jika bau mulut masih ada, konsultasikan dengan ahli untuk mendapat saran yang tepat.

Tags: #cara mengatasi bau mulut #makanan penyebab bau mulut #penyebab bau mulut saat puasa

  1. author

    cewek cantik3 tahun ago

    Gigi saya nggak bau

    Reply
  2. author

    Ari Kusworo3 tahun ago

    waduh keyword puasa yang tinggal sebentar lagi udah di tembak sama agan yang ini hehehehehe mantab gan … saya suka artikelnya biar gak “zeeengg zeeeng” bau mulutnya hehehehhe

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      iya nih, mudah-mudahan bisa pejwan pas puasa nanti dengan kata kunci Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

      Reply
  3. author

    Sarif Husin3 tahun ago

    Ya,, mudah2an harapan anda tercapai mas,,
    Bulan puasa kan bentar lagi.

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      makasih Mas Sarif, menyambut datangnya bulan suci Ramadhan kita harus menyiapkan fisik dan mental untuk menjalani puasa. Selain itu sebagai blogger kita juga menyiapkan artikel, dan harapannya bisa pejwan

      Reply
  4. author

    Hilal3 tahun ago

    wah betul banget tuh tipsnya….keyword puasa kayaknya bakal membludak…..izin share ya mas

    Reply
  5. author

    blogis center3 tahun ago

    ternyata menghilangkan bau mulut pada puasa dengan tidak merokok? waduh bakalan sulit sepertinya, karena saya sendiri adalah perokok aktif, apalagi pas buka puasa pasti langsung balas dendam untuk merokok dengan habis-habisan. thanks ya mas yuyut. semoga artikel cara mengatasi bau mulut saat puasa bisa pejwan saat ramadhan nanti 😀

    Reply
  6. author

    capebanget.com3 tahun ago

    wahh,.. udh ada nembak keyword buat ramadhan neh…

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      iya Gan, harapnnya sih bisa pejwan

      Reply
  7. author

    Irfan Andriarto3 tahun ago

    Ini nanti bau mulut nya bener-bener ilang atau tersamarkan bang?
    Salam kenal kawan 🙂 — Irfan Andriarto —
    Kalau mau ng’blog sambil bisnis Daftar di sini broh, GRATIS ! Lumayan kok di sini Daftar

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      jika cara mengobati bau mulut seperti yang telah diuraikan di atas dilakukan dengan benar, bau mulut pastinya akan hilang asalkan tidak memiliki penyakit dalam penyebab bau mulut

      Reply
  8. author

    cara-terbaru.me3 tahun ago

    ternyata tidak begitu sulit ya untuk menerapkannya 🙂

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      benar sekali, asalkan kita rajin pasti akan terhindar dari bau mulut saat puasa

      Reply
  9. author

    Diet Sehat3 tahun ago

    wah bener sekali tuh artikelnya, jadi gak takut lagi dech mengobrol sama orang lain karena bau mulut

    Reply
  10. author

    Hidup sehat3 tahun ago

    Bisa di coba selama masa puasa ini, thanks tipsnya

    Reply
  11. author

    tips sehat3 tahun ago

    tipsnya sangat membantu gan di saat berpuasa

    Reply
  12. author

    alat bantu3 tahun ago

    betul sekali gan,,,saya sangat setuju dengan artikel2 yang anda berikan trim pak semoga tidak bosan2 nya memberikan info nya.

    Reply
  13. author

    Nia2 tahun ago

    Untuk pasta gigi yang digunakan juga mesti diperhatikan Bang ! Biar bau mulut hilang dan gigi tetap kuat .

    Reply

Leave a reply "Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa"