Cara Efektif Menambah Nafsu Makan Anak

13940 views

Melihat anak makan dengan lahap dan tumbuh sehat adalah dambaan setiap orang tua, namun permasalahan yang sering terjadi adalah anak-anak sering mengalami kurang nafsu makan. Mungkin karena kondisi fisiknya sedang terganggu, terlalu asik dengan mainan atau teman-temannya, atau mungkin juga karena anak mulai bosan dengan menu makanan yang setiap hari dikonsumsinya. Padahal, pada masa anak-anak asupan makanan yang cukup sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan fisiknya. Karena makanan merupakan sumber utama untuk pembentukan energi dalam tubuh.menambah nafsu makan anak

Jika kondisi anak yang kurang nafsu makan dibiarkan oleh orang tua, kemungkinan besar hal itu akan membuat pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi terganggu, anak menjadi kurang aktif dan kesehatan anak juga akan menurun sehingga anak menjadi gampang sakit. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dicoba oleh orang tua apabila memiliki anak yang kurang nafsu makan, mulai dari mengubah menu makanan sampai memberikan vitamin dan suplemen penambah nafsu makan buatan pabrik. Namun terkadang hal itu dapat memberikan efek jangka panjang yang kurang bagus bagi kesehatan anak. Untuk itu sebaiknya gunakan cara yang lebih alami untuk meningkatkan kembali nafsu makan anak yang hilang.

Berikut ini adalah beberapa cara efektif yang dapat menambah nafsu makan anak;

  • Atur jadwal makan

Buatlah jadwal makan yang teratur untuk Anak yakni 3 kali sehari, agar anak terbiasa makan di pagi, siang dan malam secara rutin. Hal itu juga berguna untuk menjaga sistem pencernaannya tetap sehat. Berikan makanan yang bergizi dan mengandung protein sehingga meskipun jumlahnya sedikit tapi akan sangat berguna untuk tubuh. Selain itu makanan yang bervitamin dan kaya nutrisi juga secara tidak langsung akan merangsang nafsu makan anak.

  • Buat variasi menu makanan

Menu makanan yang sama setiap hari tentu akan membuat anak bosan. Untuk itu gantilah menu makan anak setiap hari. Tentunya tetap harus memperhatikan kecukupan zat gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Jika anak menyukai salah satu jenis makanan tertentu, misalnya telur, usahakan untuk memasaknya dengan cara yang berbeda setiap hari. Dan untuk jenis-jenis makanan yang kurang disukai seperti sayuran, buatlah variasi pada makanan agar lebih menarik untuk dimakan, misalnya untuk menghias nasi, atau bisa juga dengan memadukannya ke dalam makanan yang Dia sukai. Jangan lupa untuk selalu memasukkan buah ke dalam menu makannya setiap hari.

  • Batasi minum susu

Susu memang penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak, namun bukan berarti susu bisa menggantikan makan. Kecuali untuk bayi yang memang harus minum ASI eksklusif sampai 6 bulan, setelah itu juga bayi harus mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping selain ASI. Anak yang kurang nafsu makan juga memang cenderung akan lebih memilih minum susu daripada makan. Namun terlalu sering meminum susu justru akan membuat perut terasa kenyang sehingga Anak semakin tidak berselera untuk makan.

  • Suapi anak ketika makan

Mengajarkan anak untuk mandiri memang perlu, salah satu contohnya adalah dengan membiasakan anak untuk makan sendiri. Namun terkadang bagi sebagian anak hal itu menjadikannya malas makan. Apalagi ketika Dia sedang asik bermain dengan mainan atau teman-temannya, kemungkinan anak akan menolak untuk makan. Ketika hal itu terjadi orang tua tidak perlu memaksakan anak untuk makan sendiri. Orang tua harus pintar mencuri waktu untuk sekedar menyuapinya. Mungkin dengan cara disuapi si Anak jadi mau makan. Hal itu juga penting untuk menjaga kedekatan orang tua dengan anak.

  • Beri jamu atau ramuan tradisional

Beberapa ramuan tradisional atau jamu dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan, selain itu ramuan tradisional atau jamu juga tidak menimbulkan efek samping yang buruk. Misalnya temulawak, lempuyang, daun pepaya, daun kenikir, bij mahoni, brotowali. Caranya adalah sebagai berikut:

Temulawak:

Parut temulawak, tambahkan sedikit air, kemudian peras dan saring airnya. Tambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

Lempuyang:

Parut lempuyang yang masih segar, tambahkan sedikit air lalu peras dan saring airnya, tambahkan asam jawa, gula merah, dan garam secukupnya. Ramuan ini bisa diminum sehari sekali.

Daun Pepaya:

Cuci bersih daun pepaya, lalu lumatkan dan tambahkan air serta garam secukupnya. Setelah itu peras airnya untuk diminum. Sebaiknya hal ini dilakukan pagi hari.

Daun Kenikir:

Daun kenikir dicuci bersih, kemudian dimakan sebagai lalapan seperti biasa.

Biji Mahoni:

Setengah sendok teh biji mahoni diseduh dengan setengah gelas air panas, tambahkan satu sendok makan madu. Minum 3 kali sehari satu sendok makan.

Brotowali:

Rebus daun serta batang brotowali dalam wadah tertutup, tunggu sampai air rebusan tinggal setengahnya. Dinginkan kemudian saring airnya. Minum ramuan ini sehari sekali satu gelas.

Nah, itulah beberapa cara efektif yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk menambah nafsu makan anak. Memang dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan untuk hal itu. Namun jika itu demi kebaikan si Buah hati, kenapa tidak?

 

Tags: #menambah nafsu makan anak #mengatasi anak yang tidak mau makan

Leave a reply "Cara Efektif Menambah Nafsu Makan Anak"