Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

9519 views

Masalah ketombe yang timbul di kulit kepala seringkali membuat banyak orang jengkel. Pasalnya, timbulnya ketombe selain dapat mengurangi rasa percaya diri juga akan merusak kesehatan dan keindahan rambut itu sendiri. Ketombe berasal dari sel-sel kulit kepala yang mati, produksi minyak atau kotoran pada kulit kepala yang kemudian mengendap menjadi ketombe. Selain itu, penggunaan kondisioner maupun shampoo yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab ketombe. Jika ketombe dibiarkan, maka dalam jangka panjang dapat merusak keindahan rambut seperti terjadinya kerontokan.

Penyebab ketombe tumbuh di kulit kepala

menghilangkan ketombe

Kepanasan

Panas matahari bisa saja menjadi penyebab masalah ketombe yang Anda alami. Atau juga bisa diakibatkan akibat panas penggunaan hair dryer. Suhu yang panas dapat membuat kulit kepala berkeringat sehingga rambut lebih cepat kotor. Jika Anda tidak rajin membersihkannya, maka Anda akan mudah terkena ketombe sehingga menyebabkan kerontokan rambut. Untuk wanita yang menggunakan kerudung/jilbab, mereka juga membutuhkan perawatan ekstra untuk rambut indahnya. Baca  Tips Perawatan Rambut Berjilbab.

Sisa shampoo

Ketika Anda keramas menggunakan shampoo anti ketombe, bisa saja ketombe malah semakin parah. Kenapa bisa? Sisa shampoo yang tidak terbilas bersih pada saat keramas dapat mengendap di kulit kepala dan menjadi penyebab ketombe. Sebaiknya bilas sampai bersih ketika Anda keramas, meskipun membutuhkan waktu yang agak lama namun ini lebih baik karena akan membuat kulit kepala lebih bersih dan terbebas dari ketombe.

Makanan

Bukan hanya berpengaruh terhadap kesehatan tubuh, makanan yang kita konsumsi juga dapat berpengaruh terhadap kondisi rambut dan kulit kepala. Penuhi kebutuhan zat besi dan vitamin B melalui makanan yang Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Nutrisi yang baik pada rambut dan kulit kepala akan membuat Anda terbebas dari ketombe.

Stress

Stress merupakan penyebab dari berbagai penyakit. Seperti sakit kepala, maag, bahkan menyebabkan ketombe. Pikiran yang terlalu stress bukan hanya buruk untuk kesehatan, tetapi juga mempengaruhi kecantikan rambut termasuk menyebabkan timbulnya ketombe.

Cuaca

Cuaca yang tidak menentu merupakan faktor luar yang bisa berpengaruh terhadap datangnya ketombe. Jika cuaca di luar terlalu terik, sebaiknya lindungilah rambut dan kepala Anda dengan topi atau helm saat bepergian. Cobalah untuk mendinginkan kepala agar ketombe tidak mudah timbul.

Produk perawatan rambut

Produk perawatan seperti shampoo, kondisioner, atau produk kecantikan lain yang berkaitan dengan rambut dan kulit kepala bisa saja berdampak buruk untuk Anda. Jika digunakan berlebihan, produk tersebut bisa menyebabkan ketombe dan merusak keindahan rambut akibat kandungan bahan kimia yang ada.

Jenis kulit

Kondisi kulit pada masing-masing orang itu berbeda, maka resiko terkena ketombe juga berbeda. Kenali jenis kulit Anda apakah termasuk yang mudah berketombe atau bukan. Jadi Anda akan lebih berhati-hati ketika menggunakan produk perawatan kecantikan. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli untuk masalah ini.

Cara alami menghilangkan ketombe

Begitu banyaknya produk shampoo yang diklaim mampu menghilangkan ketombe dengan cepat yang tersedia di pasaran. Beberapa orang cocok menggunakan salah satu merk dari produk shampoo tersebut, tetapi tidak jarang juga yang frustasi karena telah mencoba berbagai merk shampoo namun ketombe yang ada tidak kunjung hilang. Jika ketombe yang ada di kulit kepala Anda masih belum di atasi, berikut adalah beberapa cara alami menghilangkan ketombe yang bisa Anda coba.

1. Menggunakan cuka

Cuka juga memiliki kemampuan dalam menghilangkan ketombe membandel yang menempel di kulit kepala. Caranya, gunakanlah cuka untuk memijat kulit kepala dan rambut. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakaukan perawatan ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

2. Menggunakan campuran air lemon dan minyak kelapa

Cara membersihkan ketombe dengan campuran air lemon dan minyak kelapa yaitu dengan mencampur setengah sendok teh air  lemon dan delapan sendok teh minyak kelapa. Gunakan untuk menggosok rambut, biarkan hingga sepuluh menit sebelum dibilas. Kemudian bersihkan dengan air dan shampoo sampai tidak ada lagi minyak yang menempel dan lengket di rambut maupun kulit kepala.

3. Menggunakan yoghurt

Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan, yoghurt yang nikmat ini juga memiliki kemampuan membasmi ketombe. Caranya yaitu dengan menggunakan yoghurt untuk memijat kulit kepala.  Basahi rambut terlebih dahulu dan pijat dengan yoghurt, biarkan kurang lebih hingga sepuluh atau lima belas menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

4. Menggunakan buah mengkudu dan lidah buaya

Buah mengkudu yang sudah masak dikupas kulitnya, lalu campurkan dengan satu batang lidah buaya yang sudah dibuang kulitnya. Haluskan kedua bahan tersebut kemudian disaring. Gunakan air hasil saringan tersebut untuk berkeramas.

5. Menggunakan daun pandan wangi

Daun pandan wangi dicuci bersih, kemudian giling sampai halus. Tambahkan air bersih secukupnya sambil diremas-remas. Lalu peras dan saring airnya. Oleskan air saringan tersebut ke seluruh kulit kepala yang berketombe. Diamkan dan biarkan sampai mengering kurang lebih ½ sampai 1 jam. Kemudian bilas rambut dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap hari.

6. Menggunakan minyak zaitun

Caranya adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan beberapa mili liter shampoo. Kemudian gunakan untuk berkeramas seperti biasa. Hal ini akan lebih efektif untuk menghilangkan ketombe dibandingkan hanya menggunakan sampo biasa.

Berbagai cara menghilangkan ketombe secara alami dengan bahan yang mudah didapat telah dijelaskan di atas. Meskipun masalah ketombe yang dialami setiap orang berbeda, namun tidak ada salahnya untuk mencoba dan mempraktekkan tips-tips tersebut. Semoga Anda bisa segera memiliki rambut dan kulit kepala yang sehat.

Tags: #cara ampuh menghilangkan ketombe #menghilangkan ketombe dengan cepat #tips menghilangkan ketombe

  1. author

    jayafida3 tahun ago

    Maunya sih make alami namun bahannya susah dicari, jadi langkah tercepat pergi ke kios sebelah rumah dan beli 1 sachet sampoo

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      shampoo memang jadi senjata praktis untuk menghilangkan ketombe, namun perlu diketahui shampo juga menyebabkan efek negatif seperti ubanan misalnya

      Reply
    • author

      Queenara putri3 tahun ago

      boleh dicoba nich tipsnya..selama ini saya hanya mengandalkan sampo anti dandruf aja

      Reply
  2. author

    Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami3 tahun ago

    Makasih infonya gan..

    Lebih baik emang pakai yang alami, karena bebas dari efek samping… 😀

    Reply
  3. author

    Seputar Kesehatan3 tahun ago

    Makasih banget atas infonya. Sangat bermanfaat banget.
    Satuju dengan yang alami. Murah Meriah euy…

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      benar sekali, yang alami lebih aman tanpa efeksamping

      Reply
  4. author

    iinpria3 tahun ago

    menurut pengalaman saya paling efektif itu pake jeruk Nipis atau purut secara berkala dan STOP mengunakan Minyak rambut

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      terimakasih telah berbagi pengalaman, mudah-mudahan pengalamannya berguna bagi yang lain

      Reply
  5. author

    iinpria3 tahun ago

    sama sama Gann ..

    Reply
  6. author

    Dhimas Kirana3 tahun ago

    Waaah, makasih infonya 😀
    mantaaap.. kebetulan ane punya tanaman pandan juga 😀

    Reply
  7. author

    Masruchan Karangpakis3 tahun ago

    Wah Keren Tipsnya Gan,,,,Berkunjung juga Ke Villa Mayaku;;;;

    Reply
  8. author

    Sahabat3 tahun ago

    Mas,sama cuka apa gak bahaya ya?

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      sobat, gunakanlah cuka yang telah dicampur air

      Reply
  9. author

    RzkyIT3 tahun ago

    Thx gan, artikelnya sangat bermanfaat buat ane, karena ane rambutnya ketombe’an…

    izin praktek ya gan :3

    Reply
  10. author

    yahya suteja3 tahun ago

    wah mantap tuh gan infonya keren, kebetulam ibu ane punya ketombe izin coba yah

    Reply
  11. author

    Syaerul3 tahun ago

    Ane Mau Coba Lidah buaya Gan

    Reply
  12. author

    imron ardiansyah3 tahun ago

    waahh bisa di coba nih untuk menghilangkan ketombe

    Reply
  13. author

    rizky nugroho3 tahun ago

    Wah gan ane tidak ketombean 😀

    Reply
  14. author

    Codex Hammurabi3 tahun ago

    nice post gan. kebetulan rambut ane ada ketombenya sedikit. 🙁

    Reply
  15. author

    syarif al qadri3 tahun ago

    thanks tips nya
    izin nyoba
    salam blogger

    Reply
  16. author

    helmykkediri693 tahun ago

    pake yogurt gak lengket gan

    Reply
  17. author

    Acep Game | Blog Download Game PC3 tahun ago

    Wah bermanfaat sekali info menghilangkan ketombenya, udah saya coba dan berhasil mas

    Reply
  18. author

    Pradianto3 tahun ago

    wah, info seperti ini nih yang dibutuhkan orang banyak, dengan cara alami & sederhana. semoga banyak orang yang bebas dari ketombe setelah baca artiken ini 🙂

    Reply
  19. author

    ahmad3 tahun ago

    mas, kenapa rambut saya sering patah yha? minta tips sehat untuk rambut saya donk. please… makasih

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      untuk merawat rambut rusak, silakan baca pada link berikut

      Reply
  20. author

    Tips Kesehatan3 tahun ago

    Kalau orang dulu sih pakek pohon padi gan…!

    Reply
  21. author

    alat kes3 tahun ago

    setelah kami baca banyak penggalaman baru yang saya dapatkan,,terimakasih atas tips yang diberikan..sukses slalu/trim

    Reply

Leave a reply "Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami"