Cara agar Bisa Melahirkan Normal Tanpa Caesar

1177 views

cara melahirkan normal tanpa operasiPersalinan merupakan suatu tahapan yang amat menengangkan bagi Anda yang telah memasuki trimester akhir kehamilan. Jadi tak heran jika Anda kerap merasakan khawatir, cemas, dan banyak membayangkan rasa sakit saat proses kelahiran bayi, meskipun pada dasarnya Anda dapat memilih metode persalinan, tapi bayi dapat lahir secara normal jika tidak memilik kelainan. Sedangkan untuk Ibu hamil yang mengalami masalah tertentu, maka bisa melahirkan dengan jalan operasi caesar.

Melahirkan dengan cara yang normal akan memungkin Anda memperkecil resiko pasca melahirkan dan proses pemulihan kesehatan akan lebih cepat jika dibading mereka yang melahirkan dengan proses caesar.

Tips melahirkan normal tanpa operasi

Mengikuti kelas wanita hamil

Kelas ibu hamil merupakan kelompok belajar bagi bumil untuk belajar tentang kesehatan, keluhan pada saat kehamilan, perawatan kehamilan yang penting dilakukan, serta persalinan dan juga pasca persalinan yang berhubungan dengan perawatan setelah melahirkan maupun pilihan kontrasepsi. Kelompok ini merupakan tempat berbagi pengalaman selama kehamilan dengan ibu hamil lainnya. Anda juga akan lebih tenang dalam menjalani persalinan, jadi dapat meredam kecemasan sehingga lebih mudah membuka peluang untuk melahirkan secara normal.

Memilih layanan kesehatan yang terbaik

Memang, proses kelahiran dipengaruhi oleh banyak faktor misalnya usia ibu hamil, kesehatan ibu hamil dan keadaan kehamilan. Akan tetapi bantuan yang didapat dari penyedia layanan kesehatan dapat Mendorong Anda untuk melahirkan secara normal tanpa operasi caesar. Anda bisa berkonsultasi dengan petugas mengenai persalinan agar bisa mendapatkan kelahiran dengan cara normal. Anda juga dapat meminta rekomendasi pada keluarga maupun rekan untuk memilih penyedia layanan kesehatan yang paling baik. Penyedia layanan kesehatan meliputi bidan, dokter ahli kebidanan dan kandungan, dokter ahli fetomaternal dan lainnya.

Mengatur pertambahan berat badan saat hamil

Ibu hamil memang sangat penting mengatur berat badannya. Pengaturan berat badan yang didapatkan selama masa kehamilan memiliki hubungan erat dengan asupan nutrisi yang diperlukan selama pertumbuhan janin di dalam kandungan. Umumnya, kenaikan berat badan pada trimester 1 masih relatif rendah,  sedangkan ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga pertambahan berat badan akan terasa pesat. Pada masa kehamilan kenaikan berat badan antara 12 hingga 15 kilogram. Naiknya berat badan terlalu tinggi hanya akan menyulitkan Anda saat proses persalinan nanti. Jadi kemungkinan melahirkan secara normal jadi lebih sedikit.

Mengetahui posisi yang mendukung untuk melahirkan normal

Penting untuk mempersiapkan posisi yang mendukung kelahiran secara normal. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses kelahiran bayi dari rahim sang Ibu. Posisi terbaik yang paling banyak dilakukan adalah melakukan sujud. Posisi ini dapat memungkin adanya gerakan yang akan membantu proses kelahiran dengan normal. Anda juga dapat melakukan gerakan naik turun tangga selama hamil karena memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan persalinan yang normal. Meski begitu, Anda tetap harus bisa mengatur intensitas latihan, sebaiknya jangan terlalu sering dan harus cukup berhati-hati saat melakukan latihan ini. Latihan naik turun tangga dapat memudahkan janin agar berada pada posisi kelahiran yang tepat.

Siapkan energi ekstra untuk persalinan normal

Untuk bisa melahirkan secara normal, Anda memerlukan energi yang ekstra. Sangat penting untuk konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan ibu hamil dalam melakukan persiapan energi untuk menghadapi persalinan yang normal. Hal ini juga memiliki hubungan dengan kenaikan berat badan yang ideal pada saat kehamilan. Jadi dapat menimalisir kemungkinan berat badan yang terlalu tinggi sehingga tetap memiliki energi ekstra menjelang persalinan normal.

Membuat diri Anda merasa rileks

Menjelang masa persalinan, Anda harus lebih rileks dan tenang. Hindari pikiran stres yang justru akan mengganggu proses kenyamanan saat melakukan persalinan nanti. Cukup banyak istirahat ketika menjelang persalinan tiba. Anda juga tidak boleh kelelahan saat memasuki kehamilan trimester akhir.

Cara-cara di atas bisa menjadi panduan Anda untuk mendapatkan persalinan normal. Dengan kondisi fisik yang prima tanpa gangguan apapun, cara melahirkan normal tanpa operasi caesar di atas pasti bisa dilakukan.

Tags: #cara melahirkan normal #melahirkan tanpa operasi #menjaga kesehatan Ibu hamil secara alami #pemulihan setelah melahirkan

Leave a reply "Cara agar Bisa Melahirkan Normal Tanpa Caesar"