Bahaya Akibat Tidur Setelah Makan Sahur

2974 views

Bangun untuk makan sahur memang seringkali membuat kita malas karena rasa ngantuk yang tidak bisa ditahan. Apalagi untuk Anda yang terbiasa melek sampai larut malah, bangun sahur bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun bagaimanapun bangun untuk makan sahur harus dilakukan, sebab makan sahur merupakan kunci energi kekuatan kita saat puasa. tidur setelah makan

Karena saking ngantuknya, tidak sedikit orang yang langsung tidur lagi sesaat setelah makan sahur. Padahal kebiasaan buruk ini bisa menimbulkan gangguan saat puasa. Untukl Anda yang terbiasa langsung tidur ketika makan sahur, tolong pikirkan lagi apakah kebiasaan ini baik untuk Anda? Sebab, tidur setelah makan sahur bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Tidak percaya. Simak saja deretan bahaya berikut:

Dada terasa panas

Ketika sedang istirahat atau tidur, sebenarnya sistem pencernaan justru bekerja lebih keras. Jika Anda langsung tidur ketika makan, maka kadar asam pada lambung akan meningkat dan menjadi penyebab sakit maag. Gejala ini juga dapat mengakibatkan rasa panas yang terjadi pada perut, dada dan tenggorokan.

Tenggorokan terbakar

Rasa panas yang terjadi pada tenggorokan seperti terbakar ini terjadi karena dipicu oleh refluks asam. Refluks asam atau Gastroesophageal reflux diseases (GERD) adalah tidak menutupnya katup antara kerongkongan dan perut. Hal ini akan membuat asam lambung menjalar ke tenggorokan sehingga muncul sensasi seperti tenggorokan terbakar.

Kenaikan berat badan

Jika Anda langsung tidur setelah makan sahur, maka penumpukan lemak yang terjadi akan lebih banyak. Apalagi jika makanan yang Anda konsumsi ketika makan sahur banyak mengandung minyak atau makanan berlemak. Hal ini tentunya sangat tidak baik untuk Anda yang berpotensi gemuk atau bagi yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Terkena stroke

Ini adalah resiko yang tidak main-main. Kebiasaan tidur setelah makan dapat memicu Anda terkena serangan stroke. Penelitian yang dilakukan University of Ioannina, Yunani, mengungkap bahwa perilaku tidur setelah makan akan meningkatkan risiko mengalami serangan stroke. Berdasarkan penelitian ini, orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur memiliki risiko paling rendah  mengalami stroke.

Mulai dari sekarang, hindari tidur setelah makan sahur. Aturlah waktu Anda untuk istirahat agar ketika bangun sahur tidak terlalu ngantuk. Daripada Anda tidur, lebih baik lakukan ibadan dan olahraga kecil setelahnya. Olahraga saat puasa juga penting untuk dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Tags: #bahaya makan langsung tidur #tidur setelah makan

  1. author

    Hidup sehat3 tahun ago

    wah saya sering sekali melakukan hal di atas, masalahnya kantuk setelah bangun pagi untuk shaur

    Reply
  2. author

    Gerbangilmu3 tahun ago

    Trimakasih infonya atas bahaya nya tidur waktu habis makan sahur.. Tapi kalau saya nunggu 1 jam dulu habis makan sahur lalu shalat subuh dan tidur 🙂 apakah tidak apa apa ?

    Reply
    • author
      Author

      Alami Ilmiah3 tahun ago

      berdasarkan tips yang disarankan, idealnya tidur 2 jam setelah makan

      Reply
  3. author

    vievi3 tahun ago

    trms infonya. sangat bermanfaat (y)

    Reply

Leave a reply "Bahaya Akibat Tidur Setelah Makan Sahur"