Bahaya Dibalik Nikmatnya Jengkol

94271 views

Jengkol merupakan makanan lezat bagi penggemarnya. Dengan aroma khas yang menyengat, orang yang makan jengkol tak bisa lepas dari bau mulut. Tapi jangan khawatir, Anda tetap dapat menikmati jengkol dan menghilangkan baunya dengan membaca Cara Menghilangkan Bau Jengkol.

resep jengkol

Untuk dapat menikmati jengkol Anda juga dapat memasaknya sehingga tanpa bau. Baca Menghilangkan Bau Jengkol Ketika Dimasak, untuk mengetahui tipsnya.

Selain rasanya yang nikmat, jengkol juga memiliki manfaat apabila dikonsumsi. Jengkol memiliki kandungan protein yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari kedelai dan kacang hijau. Protein berfungsi mengganti sel-sel yang rusak dalam tubuh, membentuk jaringan baru dan berperan dalam sistem hormon serta berfungsi membentuk kecerdasan.

Jengkol juga mengandung zat besi yang diperlukan tubuh sebagai pembentuk hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dan karbondioksida. Jika Anda kekurangan zat besi maka tubuh akan merasa lemas, letih lesu dan pucat. Kandungan kalsium dan fosfor dalam jengkol juga sangat baik untuk kesehatan tulang agar terhindar dari keropos.

Jika Anda membaca uraian di atas Anda pasti akan tersenyum karena begitu banyak manfaat jengkol bagi kesehatan. Tapi jangan bangga dulu, mengonsumsi jengkol juga memiliki sisi negatif.

Orang-orang yang mengonsumsi jengkol mengaku tubuhnya menjadi sakit-sakit sehari setelahnya. Tidak hanya itu mari kita ketahui apa saja bahaya makan jengkol lebih lanjut:

1. Masalah yang paling jelas dan langsung terasa saat mengonsumsi jengkol adalah baunya yang menyengat. Bahkan bau jengkol juga terbilang susah dihilangkan meskipun Anda telah menyikat gigi. Anda bisa membaca tips menghilangkan bau jengkol untuk menghilangkan baunya setelah makan jengkol.

2. Bahaya makan jengkol yang bisa dibilang serius adalah adanya asam jengkolat yang dapat menyebabkan jengkolan. Penyakit jengkolan biasanya diawali dengan rasa nyeri pada pinggang, kemudian disusul dengan rasa nyeri dan melilit. Penderita jengkolan biasanya akan mengalami susah buang air kecil, kalaupun bisa biasanya hanya sedikit-sedikit dan disertai rasa sakit. Pada kondisi yang lebih parah, saluran kencing bisa tersumbat dan tak bisa buang air kecil.

Sebenarnya penyakit yang diakibatkan karena terlalu sering makan jengkol ini dikarenakan adanya asam jengkolat yang terdapat pada buah jengkol. Asam jengkolat adalah struktur yang mirip asam amino(pembentuk protein) tetapi tidak dapat dicerna. Oleh karena itu asam jengkolat dapat menjadi kristal yang dapat merusak pembuluh darah. Dalam jangka panjang asam jengkolat dapat membentuk batu ginjal sehingga menyebabkan kencing batu.

Ketika makan jengkol sebaiknya hindari minum jus jeruk karena akan mempercepat terjadinya asam jengkolat ini.  Disarankan untuk perbanyak  minum air putih ketika makan jengkol sehingga mencegah terjadinya jengkolan.

Nah demikianlah Bahaya Dibalik Nikmatnya Jengkol. Selain memilik manfaat yang luar biasa, mengonsumsi jengkol juga memiliki resiko tersembunyi. Sebaiknya Anda lebih bijak ketika mengonsumsi jengkol agar tidak membahayakan keselamatan diri sendiri.

Tags: #bahaya makan jengkol #cara mengatasi jengkolan #manfaat mengonsumsi jengkol

  1. author

    omdoang2 tahun ago

    haha Allah maha adil semua serba berpasangan ada baik dan buruknya tinggal doa saja semoga allah berikan mamfaatnya saja amin

    Reply

Leave a reply "Bahaya Dibalik Nikmatnya Jengkol"