Akibat Gula Darah Rendah dan Gula Darah Tinggi

Akibat dari gula darah rendah atau gula darah tinggi ternyata sama-sama memiliki resiko yang sama bahayanya. Oleh karena itu, kita harus bisa menjaga kadar gula di dalam darah tetap stabil agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Sebab gula darah merupakan bahan bahar bagi tubuh yang diperlukan guna mendukung kerja otak, sistem syaraf maupun jaringan tubuh lainnya.

Gula darah di dalam tubuh dihasilkan oleh makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan lemak. Kadar gula yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah bisa mengganggu kesehatan. Agar kinerja organ-organ di dalam tubuh bisa bekerja dengan baik, kadar gula darah harus dalam keadaan normal.

Kadar gula darah rendah

Dibanding kadar gula darah tinggi, masalah kadar gula rendah lebih mudah diatasi. Ketika tubuh mengalami penurunan kadar gula di dalam darah, ini berarti tubuh mengalami kekurangan asupan gizi, protein, lemak, atau kurang istirahat. Tingkat gula darah di dalam tubuh diatur oleh pankreas. Ketika kadar gula darah menurun, maka pankreas akan mengeluarkan glukagon, yang menargetkan sel-sel di hati untuk diubah jadi glukosa dan setelah itu dilepaskan ke aliran darah hingga mencapai level tertentu.

Ketika seseorang mengalami penurunan kadar gula darah yang sangat rendah, kemungkinan kerja pankreas menurun atau mengalami gangguan. Akibat gula darah rendah seseorang bisa kehilangan kesadaran atau pingsan. Gejala lain yang bisa timbul karena penurunan kadar gula darah yaitu pusing, keringat dingin dan berdebar, dan seperti orang linglung.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan kadar gula darah:
Menghindari rokok dan konsumsi kafein
Jauhi minuman beralkohol
Kurangi olahraga berat
Banyak minum air putih
Konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran

Kadar gula darah tinggi

Kadar gula darah tinggi merupakan penyakit yang harus diwaspadai. Orang yang memiliki kadar gula tinggi harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, banyak sekali makanan yang menjadi pantangan.

Penyebab gula darah tinggi:

Aasupan gula yang terlalu banyak

Tubuh kita membutuhkan kalori sesuai aktifitas yang dilakukan. Jika aktifitas fisik tidak terlalu tinggi, maka kalori yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Tahukah Anda, dalam satu gelas teh manis saja mengandung 250-300 kalori. Apalagi ditambah nasi dan makanan ringan seperti gorengan.

Stres

Stres yang berlebihan juga dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah. Sebab ketika stres tubuh akan memproduksi hormon epinephrine dan kortisol yang bisa membuat gula darah naik.

Kurang olahraga

Kurang olahraga bisa membuat tubuh jadi kurang semangat. Selain itu juga mengakibatkan naiknya kadar gula darah. Kalori yang ada di dalam tubuh tidak bisa terbakar sempurna jika tubuh kurang olahraga dan aktifitas fisik.

Akibat gula darah tinggi ini seseorang bisa terkena penyakit diabetes. Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang bisa memicu komplikasi sehingga menimbulkan banyak penyakit lain di dalam tubuh.

Akibat gula darah rendah maupun akibat gula darah tinggi cukup berbahaya. Oleh karena itu kita harus senantiasa menjaga pola makan agar kadar gula di dalam darah tetap stabil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *