Rahasia Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

758 views

Tips menurunkan tekanan darah memang penting untuk diketahui. Sebab tekanan darah tinggi termasuk penyebab kematian yang sering sekali terjadi di Indonesia. Tekanan darah tinggi ini sendiri bisa menyerang siapa saja. Bahkan hal ini bisa menghampiri seseorang tanpa membuatnya sadar bahwa ia sedang mengidap penyakit tersebut. Maka tak heran jika sejumlah orang menyebut tekanan darah tinggi itu sebagai “silent killer”.

Cara menurunkan tekanan darahtekanan darah tinggi

Secara normal, darah akan dialirkan di dalam pembuluh arteri dengan tekanan tertentu. Saat terjadi perubahan kondisi fisiologis, maka tekanan tersebut bisa meningkat dengan sendirinya yang kemudian menimbulkan kerusakan di bagian dalam pembuluh darah.

Jika kondisi ini tidak diatasi, maka secara perlahan akan terbentuk artheroma, sebuah deposit lemak yang berbentuk keras dan tersimpan di lapisan dalam pembuluh arteri. Tumpukan lemak yang mengeras tersebut bisa membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi dari angka normalnya. Jika dibiarkan, maka kematian siap menghampiri penderitanya.

Melihat hal ini, maka sudah sepatutnya Anda menyadari bahwa pemeriksaan tekanan darah merupakan hal yang wajib dan rutin untuk dilakukan. Apabila tekanan darah tinggi ini terdeteksi, maka ambillah langkah-langkah yang tepat agar tekanan darah tersebut bisa kembali diturunkan.

Lantas, bagaimana cara agar tekanan darah tersebut bisa kembali turun? Silahkan disimak.

- Menurunkan Berat Badan

Sudah sangat jelas bahwa menurunkan berat badan adalah langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin memiliki tekanan darah yang normal. Anda bisa memulainya dengan melakukan koreksi terhadap pola makan Anda yang mungkin saja sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Dari sekarang, mulailah membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan yang sehat.

- Kurangi Konsumsi Garam

Garam memiliki kandungan natrium atau mineral sodium yang bisa memberikan dampak buruk terhadap tekanan darah. Untuk itu, perhatikanlah konsumsi garam Anda, jangan sampai melebihi 5-6 gr per hari karena bisa memicu naiknya tekanan darah.

- Perbanyak Aktifitas Fisik

Tips menurunkan tekanan darah selanjutnya adalah memperbanyak aktifitas fisik. Pasalnya, aktifitas fisik yang tinggi bisa membuat jantung lebih kuat serta menurunkan tekanan darah. Dengan tingginya aktifitas Anda, maka secara otomatis aliran darah di pembuluh darah akan ikut menjadi lebih lancar yang mana ini merupakan indikator bahwa tekanan darah Anda rendah.

- Hindari Rokok

Sudah pasti, rokok adalah barang yang merugikan kesehatan jika dikonsumsi, utamanya dalam hal tekanan darah. Bagaimana tidak, karena nikotin dan zat-zat kimia yang ada di dalam rokok bisa membuat dinding arteri menjadi hancur.

- Hindari Alkohol

Seperti rokok, alkohol juga memiliki efek negatif terhadap tekanan darah. Efek yang ditimbulkan oleh alkohol itu sendiri bisa dirasakan langsung. Maka dari itu, jauhilah alkohol jika Anda memang ingin menurunkan tekanan darah.

- Hindari Stres

Tubuh yang stres akan memicu meningkatnya tekanan darah sehingga akan berdampak buruk bagi tubuh secara keseluruhan. Memperbanyak kegiatan dan pikiran yang positif bisa membantu Anda untuk terhindar dari stres.

- Konsumsi Bawang Putih

Penelitian membuktikan bahwa kandungan di dalam bawang putih ternyata bisa menurunkan tekanan darah, baik itu siastol dan diastol. Siastol merupakan tekanan pada pembuluh darah saat jantung memompa darah, sedangkan diastol merupakan tekanan pembuluh darah saat jantung sedang beristirahat di antara detakan. Jika Anda memiliki tekanan darah 120/80 mmHg, artinya 120 merupakan tekanan siastol dan 80 adalah tekanan diastol.

.- Konsumsi Kalium

Berbeda dengan natrium, mineral kalium memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah. Orang yang banyak mengonsumsi kalium terbukti memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding mereka yang jarang mengonsumsinya. Anda bisa mendapatkan kalium dari pisang, jeruk, semangka, bayam, dan kentang.

***

Nah, itulah beberapa tips menurunkan tekanan darah yang bisa Anda coba. Selain itu, pastikan pula agar Anda rutin untuk memeriksa tekanan darah agar bisa dilakukan langkah pencegahan dan antisipasi jika tekanan darah Anda memang tinggi.

Tags: #gejala tekanan darah rendah #makanan yang dapat melancarkan peredaran darah #obat tekanan darah rendah

Leave a reply "Rahasia Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi"